Jumat, 29 Juni 2018

Berhentilah bertanya dan mengintimidasi!!!

Pada dasarnya manusia terlahir ke dunia dengan banyak keinginan dan harapan, antara lain mengarungi semua fase kehidupan dengan lancar, menjadi seorang anak, sekolah, kuliah, kerja, menikah, punya anak, punya cucu dan meninggal. Yah..itulah fase kehidupan secara umum yang seolah menjadi patokan kehidupan di dunia ini. Tapi perlu kita ingat bahwa setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing, sudah diatur oleh Sang penulis skenario kehidupan, bahkan ketika sebelum kita terlahir ke dunia ini pun sudah tertulis segala ketetapan takdirnya di Lauhul mahfuz. Fase yang dijalanipun akan berbeda, lantas mengapa orang-orang senang sekali bertanya atau menanyakan hal-hal yang sebenarnya kita tidak punya kuasa untuk menjawabnya, seperti kapan menikah? Kapan punya anak? Kapan punya cucu?Atau kapan mati mungkin???

Terkadang kalian tidak sadar bahwa pertanyaan-pertanyaan semacam itu sebenarnya mengusik hati bahkan terkesan mengintimidasi walaupun sebenarnya niat kalian hanya bercanda atau apapun itu, tapi yang pasti perlu diingat bahwa setiap orang menginginkan segala hal berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginannya, tapi mungkin kalian tidak pernah tahu bagaimana cerita hidup mereka, apa yang mereka alami, apa yang mereka rasakan apa yang sedang mereka perjuangkan dan apa yang ingin mereka jalani.

Seorang teman pernah bercerita bahwa dia sempat putus asa dan mengurung diri di kamar hanya karena takut dengan pertanyaan-pertanyaan semacam itu dari orang-orang di sekitarnya, social judgement yang mengerikan memberikan dampak buruk kepada seseorang secara langsung maupun tidak langsung. Ketika seorang wanita mempunyai usia di atas 25 tahun dan belum menikah seolah social judgment dan stigma negative sering sekali terngiang-ngiang dan membuat depresi seperti enggan bergaul dengan orang-orang di sekitar sehingga memilih mengurung diri dan memilih tidak datang ketika ada acara keluarga bahkan.

Mulai sekarang cobalah untuk tidak lagi mengusik kami atau mereka dengan pertanyaan-pertanyaan semacam itu kecuali kalian mempunyai solusinya, kecuali kalian mau membantu. Well.. selagi niatnya baik dan disampaikan dengan cara yang santun saya yakin merekapun akan menerimanya. So... ingatlah baik-baik, bahwa kami pun juga ingin bahagia tetapi tidak semua kebahagiaan itu mudah diraih dan tidak sama standarnya dengan kebahagiaan yang kalian raih. Kami mencoba untuk mensyukuri segala apa yang sudah Allah beri, so... jangan membuat kami meratapi apa yang belum kami raih karena segala hal yang terjadi sudah ada ketetapannya, sudah ada takarannya, sudah ada waktunya dan kami percaya bahwa Allah SWT punya rencana yang jauh lebih indah ketika kita senantiasa bersyukur dan bersabar atas segala kehendak-Nya.

Cheer up and stay positif....!

^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar