Jumat, 27 April 2018

Definisi Cinta

Cinta...
Seperti sebuah lagu "hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga" sepenting itu maknanya sehingga diibaratkan bunga dalam sebuah taman. Cinta banyak versi dan ragamnya, setiap orang pasti memiliki definisi sendiri tentang cinta.

Duluuu sekali waktu seseorang mengungkapkan perasaan cintanya dengan lancar dan fasih dia menjelaskan makna cinta dari berbagai literatur yang dia baca, namun ketika saya bertanya "lantas... makna cinta menurut kakak sendiri apa?" dia terdiam lama dan mengatakan bahwa cinta yang sebenarnya adalah "ketika kelak kita menikah dan kau menjadi pendamping hidupku" wah...ternyata seperti itu cinta menurut beliau, bisa jadi memang jawabannya tepat. Ketika kita bertanya apa itu cinta pada seorang ibu tentu jawabannya adalah pengorbanan dan kasih sayang tulus untuk anak-anaknya, ketika kita bertanya cinta kepada seorang anak mungkin jawabannya adalah kasih sayang dari orangtuanya, ketika kita bertanya cinta kepada seorang pujangga dan penyair maka banyak kata-kata indah yang akan menggambarkan perasaan cinta. Tidak ada yang salah dengan jawaban-jawaban mereka karena secara umum cinta adalah kasih sayang tulus kita kepada seseorang, kepada Tuhan sebagai pencipta, kepada benda atau harta yang dimiliki.

"Jika cinta bertanya tentang cinta maka iman adalah jawabannya" entah dari mana kutipan itu tapi senantiasa terngiang di telinga dan seolah membentuk sebuah persepsi pada diri ini, persepsi yang membuat saya belajar bersabar dan percaya bahwa cinta yang sesungguhnya kelak akan saya dapati ketika Allah sudah mempertemukan saya dengan seseorang yang memang tepat menjadi pendamping hidup, seseorang yang akan menemani sebuah perjalanan panjang biduk rumah tangga, seseorang yang akan menjadi pembimbing dan pemimpin yang kelak akan terus bersama-sama menuju syurga.

Actually I am naive about love and so hard to getting over someone, that's part I hate to being myself.. itulah mengapa kegagalan dan kesedihan juga terluka berkepanjangan sering saya rasakan, karena bagi saya mencintai seseorang seharusnya mencintai sepenuh hati dan mau menerima bagaimanapun keadaannya tapi ternyata 100% saya salah. Cinta yang sebenarnya seharusnya didasarkan dan dilandasi atas kecintaan kita kepada Sang Pemilik Cinta sehingga ketika kelak kita kehilangan pun maka rasa ikhlas yang didapat bukan kecewa dan terluka.

Sampai saat ini saya masih terus bersabar dan menanti jawaban atas segala doa-doa panjang tentang pencarian dan penantian sebuah cinta yang hakiki yang kelak Allah hadiahkan untuk saya sebagai penyejuk dan pelengkap hidup, bukan lagi tentang cinta semu yang mendatangkan kecewa dan terluka. Aamiin...

Definisi Cinta

Cinta bukan hanya tentang kata, apalagi angka
Cinta terajut dalam rasa penuh makna
Cinta itu adam menantikan hawa
Cinta adalah serpihan beling kerinduan yang mengharap tuk dirangkai
Cinta itu adalah jalan terjal, berliku penuh rintangan
Kubisikkan cinta pada padang ilalang, ia hanya bergumam tanpa mampu mempuitiskan
Ku titipkan cinta pada awan hingga ia terurai bersama hujan
Namun cinta ternyata tak sanggup ku definisikan
Karena rautku yang tak kenal keagungan bahasa cinta...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar