Minggu, 09 Februari 2020

The Best Korean Drama (Reply 1988)


Sebagai pencinta drama Korea, sudah lama sekali ingin menulis ini tapi baru sempet terlaksana.
Reply 1988, bagiku inilah drama korea terbaik yang pernah aku tonton selama ini. Dari segi cerita, karakter tokoh, nilai-nilai, genre, semuanya lengkap di drakor ini. Awalnya aku akan mengira jika drakor ini membosankan dan sama seperti drakor lain yang hanya fokus ke kehidupan asmara pemeran utamanya saja namun anggapan itu salah besar, karena di drama ini cerita tidak akan hanya berfokus pada pemeran utama saja melainkan keseluruhan tokoh dalam cerita di dalamnya.

Bersetting tahun 1988 drama ini benar-benar nyata menggambarkan keadaan Korea di tahun itu. Properti, fashion, musik dan semuanya sangat meyakinkan ditambah lagi dengan kondisi Korea yang menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun itu. Mengisahkan tentang masing-masing kehidupan keluarga di gank Ssangmundong kota Seoul kita diajak untuk melihat bagaimana kehidupan bertetangga yang penuh warna, kehidupan antar keluarga yang masing-masing memiliki cerita yang menarik, kehidupan persahabatan antar 5 anak remaja yang sama-sama tinggal di gank tersebut, dan tentu saja kehidupan percintaan yang manis dan rumit antar remaja ini.

Berpusat pada kelima tokoh remaja SMA di bawah ini:
Ryu dong ryong - Choi taek - Sung deok seon - Kim jung hwan - Sung sun woo

Kenalan dulu yuk sama mereka.
1. Sung deok seon
Sebagai satu-satunya perempuan di genk mereka, kelakuannya yang absurd, bego ga ketulungan karena selalu mendapat ranking terakhir di sekolahnya namun sikapnya baik hati dan apa adanya membuat ia disayangi semua orang, kadang absurd akutnya yang ga ketulungan benar-benar bikin kita geleng-geleng kepala. Sebagai anak ke 2 dari 3 bersaudara ia selalu merasa menjadi anak yang tersisihkan, mempunyai kakak perempuan bernama Sung bo ra yang super pinter namun garang dan guaaalaaak minta ampun membuat ia selalu jadi bahan bully, pertengkaran demi pertengkaran mereka kadang bikin ngakak tapi kadang juga buat kita kasihan padanya.

2. Kim jung hwan
Mempunyai karakter yang ketus, ceplas ceplos kalo ngomong membuatnya selalu terlibat cekcok dengan deok seon namun sebenarnya dia itu adalah orang yang sangat perhatian namun kaku dan gengsi untuk menunjukkan rasa sayangnya. Tidak jarang sikap dinginnya membuat orang lain salah paham hingga membuat ibunya sedih karena mengira ia tidak menyayangi ibunya. 

3. Choi taek

Polosss banget dan gemesin sikapnya, semua menyayanginya dan memperlakukannya dengan istimewa karena ialah harta negara, seorang atlet baduk/catur yang selalu memenangkan kejuaraan nasional maupun internasional membuatnya berhenti sekolah dan memilih menggeluti baduk sebagai atlet profesional.
Ekspresinya datar dan kepolosannya keterlaluan, ia hanya tinggal bersama ayahnya karena ibunya meninggal dunia sewaktu kecil namun ia tidak pernah merasa kesepian karena genknya akan selalu datang ke rumahnya untuk nonton, nyanyi, makan hingga tidur.

4. Ryu dong ryong
Cowok berkaca mata yang juga sama-sama absurd kelakuannya seperti deok seon, bodoh dalam pelajaran sekolah namun dialah seseorang yang selalu menjadi tempat curhat teman-teman satu genknya. Ia selalu bisa diandalkan meskipun ia sendiri merasa kesepian karena kurang kasih sayang dari kedua orangtuanya yang sama-sama sibuk bekerja.

5. Sung sun woo
Dari ke empat sahabatnya dia adalah anak yang baik dan pintar, ketua kelas di sekolahnya dan sangat patuh pada ibunya, pokoknya ini anak yang paling normal, meskipun nanti akan ada masanya ia tidak sependapat dengan ibunya. Tinggal bertiga bersama ibu dan adik kecilnya yang gumuss banget ia selalu berusaha menjaga dan melindungi keluarganya.

Kelima karakter yang masing-masing unik dan berbeda ini benar-benar mengesankan dan membawa warna.
Dari episode 1 kita akan dibuat tertawa sampai guling-guling hingga nangis sesenggukan. Romansa cinta segitiga yang rumit, membuat kita bertanya-tanya pada siapa akhirnya tokoh Deok Seon melabuhkan hatinya.
Hehe.. endingnya memang tidak seperti yang aku harapkan karena jujur aku menginginkan Doek soen menikah denga Jung hwan namun takdir berkata lain, hehe.. uda ah ga mau terlalu banyak spoiler, langsung tonton aja yang belom nonton. Meskipun ini drama tayang di tahin 2016 namun seperti yang saya katakan karena ini drama korea terbaik versi saya maka dijamin kalian ga akan pernah menyesal nonton kapanpun meskipun... harus siap-siap ga bisa move on dari drakor ini, karena sejujurnya dari puluhan drakor yang sudah pernah saya tonton hingga sekarang belom ada satupun yang bisa mengalah Reply 1988 di hati saya. 
Nilai-nilai tolong menolong, saling menghargai, saling mendukung satu sama lain, saling mencintai itu sangaaat terasa hingga saya sulit mencari dan mendapatkannya di drakor lain. Maaf kalo terlalu lebay 😂 tapi itulah yang saya rasakan. 

Karena saking ga bisa move on nya dari drakor ini saya sampai harus searching IG,You tube atau berita tentang karakter tokoh utamanya yang membuat saya jatuh cinta.
Baiklah itulah review saya tentang drakor Reply 1988, saya berharap akan ada drakor serupa yang bisa membuat saya susah move on 😁

Sebagai bonus foto-foto di bawah ini adalah adegan sweet favorit saya. See you  😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar